Minggu, 17 Juni 2012

TELCO 2.0

Telco 2.0 pada dasarnya terdiri dari 3 komponen yaitu Service Delivery, Revenue-Generating Services, dan End-User Devices and Screens.
Service Delivery
Dengan model Telco 2.0 ini, kemampuan service provider untuk mengembangkan dan memberikan layanan baru dengan efisien dan hemat sangat penting. Microsoft memiliki Connected Services Framework, yang terdiri dari sebuah server yang bisa dimanfaatkan oleh operator untuk memberikan, mengumpulkan, dan mengatur layanan-layanan komunikasi untuk pelanggan, tidak peduli perangkat atau jaringannya.
Salah satu kunci sukses Microsoft di industri ini adalah ekosistem yang kuat yang terdiri dari service providers, pengembang software independent (ISV), sistem integrator, dan pembuat perangkat jaringan yang bersama-sama Microsoft mengembangkan dan memasarkan layanan baru. Untuk keperluan testing, Microsoft memperkenalkan Connected Services Sandbox, yang bisa dipergunakan ISV dan pengembang aplikasi untuk mencoba layanan baru sebelum ditawarkan ke pelanggan.
Contoh operator yang menerapkan Service Delivery adalah Telenor dari Norwegia. Ini adalah press releasenya.
Revenue-Generating Services
Banyak sekali kesempatan untuk menghasilkan penghasilan tambahan untuk service provider dengan cara mengkombinasikan beberapa solusi, misalnya seperti menyediakan jasa hosting dan pelayanan pelanggan yang digabungkan dengan Microsoft Live Service.
Microsoft memberikan sederet aplikasi yang bisa diletakkan di service provider dan ditawarkan ke kalangan pebisnis.
Beberapa contoh operator yang memberikan layanan-layanan seperti ini adalah : Telenor, Swisscom (menawarkan VoIP yang terintegrasi), dan Bharti Airtel (yang menawarkan CRM, akunting, dan ERP).
Ada juga operator yang menambahkan layanan demi memberi pengalaman yang lebih untuk pelanggannya, seperti : AT&T, Deutsche Telekom, T-Online France dan Swisscom yang menawarkan Microsoft IPTV. Sedangkan operator Hutch, Orange, dan Sprint memberikan layanan Windows Life.
Operator lain, Telefonica dari Spanyol menawarkan solusi Unified Communication dan Kolaborasi kepada pelanggan korporat. Layananan ini mencakup direktori, kalender, instant messaging, email, presence, dan multi conferencing. Semuanya untuk meningkatkan produktivitas pelanggan.
End-User Devices and Screens
Perangkat lunak Windows mobile memberikan fitur-fitur canggih yang memungkinkan penggunanya mengirimkan dan menerima email, browsing Internet, dan mengakses dokumen-dokumen Microsoft Office melalui telepon selulernya.
Di sini Microsoft bekerja sama dengan banyak pembuat ponsel, untuk memberikan fitur-fitur seperti HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) untuk internet kecepatan tinggi, aplikasi podcasting, RSS feeds, dan aplikasi Push Mail yang menyenangkan.
Selain dari perangkat mobile tadi, teknologi Microsoft juga memungkinkan operator untuk memberikan layanan seperti IPTV dan aplikasi-aplikasi multimedia yang ditawarkan pada pelanggan. Aplikasi IPTV Mediaroom Microsoft sekarang sudah melayani lebih dari 2 juta televisi di seluruh dunia, dan semua itu terjadi dengan sangat cepat : 18 bulan mencapai 1 juta TV, dan dalam 5 bulan kemudian mencapai 2 juta TV (kecepatannya meningkat 3x lebih cepat !)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar