Telco 2.0 pada dasarnya terdiri dari 3 komponen yaitu Service Delivery,
Revenue-Generating Services, dan End-User Devices and Screens.
Service Delivery
Dengan model Telco 2.0 ini,
kemampuan service provider untuk mengembangkan dan memberikan layanan
baru dengan efisien dan hemat sangat penting. Microsoft memiliki
Connected Services Framework, yang terdiri dari sebuah server yang bisa
dimanfaatkan oleh operator untuk memberikan, mengumpulkan, dan mengatur
layanan-layanan komunikasi untuk pelanggan, tidak peduli perangkat atau
jaringannya.
Salah satu kunci sukses Microsoft di industri ini adalah ekosistem
yang kuat yang terdiri dari service providers, pengembang software
independent (ISV), sistem integrator, dan pembuat perangkat jaringan
yang bersama-sama Microsoft mengembangkan dan memasarkan layanan baru.
Untuk keperluan testing, Microsoft memperkenalkan Connected Services
Sandbox, yang bisa dipergunakan ISV dan pengembang aplikasi untuk
mencoba layanan baru sebelum ditawarkan ke pelanggan.
Contoh operator yang menerapkan Service Delivery adalah Telenor dari Norwegia. Ini adalah press releasenya.
Revenue-Generating Services
Banyak sekali
kesempatan untuk menghasilkan penghasilan tambahan untuk service
provider dengan cara mengkombinasikan beberapa solusi, misalnya seperti
menyediakan jasa hosting dan pelayanan pelanggan yang digabungkan dengan
Microsoft Live Service.
Microsoft memberikan sederet aplikasi yang bisa diletakkan di service provider dan ditawarkan ke kalangan pebisnis.
Beberapa
contoh operator yang memberikan layanan-layanan seperti ini adalah :
Telenor, Swisscom (menawarkan VoIP yang terintegrasi), dan Bharti Airtel
(yang menawarkan CRM, akunting, dan ERP).
Ada juga operator
yang menambahkan layanan demi memberi pengalaman yang lebih untuk
pelanggannya, seperti : AT&T, Deutsche Telekom, T-Online France dan
Swisscom yang menawarkan Microsoft IPTV. Sedangkan operator Hutch,
Orange, dan Sprint memberikan layanan Windows Life.
Operator
lain, Telefonica dari Spanyol menawarkan solusi Unified Communication
dan Kolaborasi kepada pelanggan korporat. Layananan ini mencakup
direktori, kalender, instant messaging, email, presence, dan multi
conferencing. Semuanya untuk meningkatkan produktivitas pelanggan.
End-User Devices and Screens
Perangkat lunak
Windows mobile memberikan fitur-fitur canggih yang memungkinkan
penggunanya mengirimkan dan menerima email, browsing Internet, dan
mengakses dokumen-dokumen Microsoft Office melalui telepon selulernya.
Di
sini Microsoft bekerja sama dengan banyak pembuat ponsel, untuk
memberikan fitur-fitur seperti HSDPA (High Speed Downlink Packet Access)
untuk internet kecepatan tinggi, aplikasi podcasting, RSS feeds, dan
aplikasi Push Mail yang menyenangkan.
Selain dari perangkat
mobile tadi, teknologi Microsoft juga memungkinkan operator untuk
memberikan layanan seperti IPTV dan aplikasi-aplikasi multimedia yang
ditawarkan pada pelanggan. Aplikasi IPTV Mediaroom Microsoft sekarang
sudah melayani lebih dari 2 juta televisi di seluruh dunia, dan semua
itu terjadi dengan sangat cepat : 18 bulan mencapai 1 juta TV, dan dalam
5 bulan kemudian mencapai 2 juta TV (kecepatannya meningkat 3x lebih
cepat !)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar